Running Posted

Kamis, 06 Oktober 2011

Gelombang Bunyi

Bunyi atau suara adalah kompresi mekanical atau gelombang longitudinal yang merambat melalui medium
Suara mempunyai frekuensi yang diukur dalam satuan hertz (Hz) dan amplitudo atau kenyaringan bunyi dengan pengukuran dalam desibel
Batas frekuensi bunyi yang dapat didengar olehn telinga kira-kira 20 Hz sampai 20 kHz pada amplitudo umum dengan berbagai variasi dalam kurva responnya. Suara di atas 20 kHz disebut ultrasonik dan dibawah 20Hz disebut infrasonik.
Gelombang suara (longitudinal)

Kenyaringan dan desibel
Kenyaringan menyatakan keras atau kelembutan bunyi.. misalnya bunyi teriakan lebih keras dibandingkan dengan bisikan. Dalam hal ini bunyi teriakan lebih nyaring dibandingkan bunyi bisikan suatu sistem internasional untuk tingkat intensitas adalah desibel (dB). 10 dB = 1 bel. Kala bel berasal dari nama Alexander Graham Bell (1847-1922), penemu telephone.

Berikut beberapa data intensitas dan tingkat intensitas bunyi dlam kehidupan sehari-hari.

Gema
Gema terjadi jika bunyi dipantulkan oleh suatu permukaan, seperti tebing pegununggan, dan kembali kepada kita segera setelah bunyi asli dikeluarkan .

Kecepatan suara
Harga kecepatan suara untuk atmosfer standar bedasarkan u.s standard Atmosfer, 1962 dapat dilihat pada table berikut :

Resonanasi
Suatu benda, misalkan gelas, mengeluarkan nada musik jika diketuk sebab ia memiliki frekuensi yang sama dan getaran alami sendiri. Jika kita menyanyikan nada musik befrekuensi sama dengan suatu benda, benda itu akan begetar. Peristiwa ini dinamakan resonansi. Bunyi yang sangat keras dapat mengakibatkan gelas berensonansi begitu kuatnya sehingga pecah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungannya, silahkan tinggalkan komentar!